PENYULUHAN POSISI DUDUK YANG BENAR UNTUK KESEHATAN PUNGGUNG PADA SISWA/I SMPN 15 BANJARMASIN

Authors

  • Juliani Saputri STIKES Suaka Insan Banjarmasin
  • Sutikno Sutikno STIKES Suaka Insan Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.51143/jsim.v3i2.314

Keywords:

Posisi Duduk, Kesehatan Punggung, Penyuluhan

Abstract

Saat ini anak-anak semakin banyak menghabiskan waktunya dengan posisi duduk, baik di sekolah saat
jam pelajaran maupun di rumah, di depan komputer atau televisi. Anak usia 4-15 tahun juga tidak
banyak bergera selama rata-rata 7-8 jam sehari. Begitu juga dengan Siswa/I SMPN 15 Banjarmasin,
dalam waktu 3 tahun selama mengikuti pembelajaran rata-rata menghabiskan waktu kurang lebih lima
jam untuk duduk dikelas untuk satu hari. Dampak yang dapat ditimbulkan yaitu terjadinya asimetris
lanjutan pada trunk dan scoliosis serta menyebabkan penurunan lumbal lordosis dan kiposis dari
keseluruhan punggung anak. Selain itu, posisi duduk yang tidak ergonomis menyebabkan anak-anak
bisa mengalami masalah nyeri punggung di usia muda. Perilaku ini perlu diperbaiki dengan memberikan
pengetahuan tentang dampak yang diakibakan jika posisi duduk yang keliru dan cara duduk yang benar
dengan metode ceramah dan tanya jawab. Hasil kegiatan ini didapatkan adanya peningkatan
pengetahuan 91,25% kelompok sasaran kegiatan. Melalui kegiatan ini diharapkan memberi dampak
positif pada siswa/i untuk memiliki perilaku sehat terutama dalam menjaga kesehatan tulang dengan
duduk posisi yang ergonomis.

Downloads

Published

2022-02-23

How to Cite

Saputri, J., & Sutikno, S. (2022). PENYULUHAN POSISI DUDUK YANG BENAR UNTUK KESEHATAN PUNGGUNG PADA SISWA/I SMPN 15 BANJARMASIN. JURNAL SUAKA INSAN MENGABDI (JSIM), 3(2), 142–146. https://doi.org/10.51143/jsim.v3i2.314

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.