PELATIHAN HYPNOTHERAPY PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DI STIKES SUAKA INSAN BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.51143/jsim.v1i2.284Keywords:
burnout, hypnoterapi, mahasiswa keperawatanAbstract
Mahasiswa keperawatan dengan berbagai macam beban belajar, beban sosial, psikologis
bahkan dari lingkungan keluarga menjadikan mahasiswa sangat rentan terhadap stres. Kondisi stres
yang terus menerus dialami oleh mahasiswa dapat menjadi salah satu faktor timbulnya penyakit
psikologis seperti depresi, gangguan kecemasan dan kemarahan, akibat kondisi burnout. Selain itu
burnout juga mungkin akan berdampak pada penurunan prestasi akademik, perpanjangan studi dan
tingginya angka drop out. Hipnoterapi merupakan salah satu terapi yang dapat dipergunakan untuk
mereduksi pemikiran negatif lebih kearah positif. Terapi ini mampu menjadikan mahasiswa merasa
lebih baik dan lebih positif dalam menjalankan pendidikannya. Terapi ini dapat membantu banyak
orang untuk dapat menjalani kehidupan dengan baik. Pelatihan yang diajarkan kepada mahasiswa
keperawatan bertujuan untuk menjadikan mahasiswa mampu untuk menjadi penolong bagi mahasiswa
lain untuk siap dan lebih positif menjalani pendidikan.
Kata Kunci : burnout, hypnoterapi, mahasiswa keperawatan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Suaka Insan Mengabdi (JSIM) agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant Jurnal Suaka Insan Mengabdi (JSIM) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC BY that allows others to remix, adapt, and build upon the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., submit it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see the discussion about The Effect of Open Access).