PENYULUHAN CARA BERORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN PADA SISWA SISWI SMP PGRI 3 BELITUNG BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.51143/jsim.v1i2.286Keywords:
kepemimpinan, organisasi, siswa-siswi sekolahAbstract
Pengetahuan dan keterampilan dalam berorganisasi perlu disadari dan dikembangkan sejak
dini. Memahami akan pentingnya kerjasama tim akan bermanfaat bagi karakter seseorang kedepannya
terutama ketika masuk dalam sebuah perusahaan atau membangun perusahaan sendiri terkait pekerjaan.
Organisasi semakin berkembang, karena organisasi sangat di perlukan pada organisasi, dan
juga tata kerja dalam pembagian tugas baik secara individual maupun sosial (bersama-sama). Maka dari
itu penting bagi kita, mempunyai pengetahuan tentang organisasi, manajemen, maupun tata kerja. Agar
dapat mengembangkan potensi diri sebaik mungkin, terutama dalam keorganisasian.
Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah penyuluhan dengan metode
ceramah dan demonstrasi melalui permainan. Selain itu metode Focus Group Disccussion (FGD) juga
menjadi salah satu metode yang diterapkan untuk memaksimalkan kemampuan siswa/I berargumen
dalam tim.
Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini yaitu 1)siswa mampu menjawab pertanyaan dari
moderator dan penyaji; 2)siswa mampu menyelesaikan games dengan sangat antusias; 3)siswa mampu
berargumen dalam tim.
Kesimpulan dalam upaya membentuk karakter siswa/I sejak masih di sekolah, menjadikan
penyuluhan dengan metode ceramah, demontrasi melalui permainan dan focus group discussion (FGD)
dinilai efektif. Hal ini dibuktikan dari kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan permainan dan
berargumen dalam tim ketika membahas inti dari permainan.
Kata Kunci : kepemimpinan, organisasi, siswa-siswi sekolah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Suaka Insan Mengabdi (JSIM) agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant Jurnal Suaka Insan Mengabdi (JSIM) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC BY that allows others to remix, adapt, and build upon the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., submit it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see the discussion about The Effect of Open Access).