EFEKTIVITAS BRAIN GYM TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK KELAS VI DI SEKOLAH DASAR KRISTEN KANAAN BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.51143/jksi.v4i1.179Keywords:
Brain Gym, Konsentrasi BelajarAbstract
Latar Belakang : Keberhasilan anak dalam proses pembelajaran tidak hanya dipengaruhi oleh faktor guru melainkan dapat dipengaruhi juga oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi belajar anak adalah konsentrasi. Gangguan konsentrasi dapat mengganggu aktivitas belajar anak, sehingga diperlukan latihan brain gym sebagai stimulus untukmemperbaiki gangguan tersebut.
Tujuan Penelitian : Menganalisa Efektivitas Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Kelas VI Sekolah Dasar Kristen Kanaan Banjarmasin 2018.
Metode : Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain time series dengan melibatkan 41 responden yang direkrut dari anak kelas VI Sekolah Dasar Kristen Kanaan Banjarmasin menggunakan consecutive sampling. Responden diberikan intervensi berupa brain gym 3 kali seminggu selama 5 minggu. Evaluasi tingkat konsentrasi dilakukan pada setiap akhir minggu menggunakan Grid Consentration Exercise. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai (p value < 0,05).
Hasil : Konsentrasi belajar anak meningkat secara signifikan selama penelitian dengan menggunakan intervensi latihan brain gym berdasarkan hasil skor Grid Consentration Exercise pada pretest-posttest V. Hal ini dibuktikan dengan uji Friedman dan Post-Hoc Wilcoxon yang menunjukkan nilai p value kurang dari 0,05.
Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa latihan brain gym efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak Sekolah Dasar Kristen Kanaan Banjarmasin.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC BY that allows others to remix, adapt, and build upon the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., submit it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see the discussion about The Effect of Open Access).