Efektivitas Terapi Kelompok Terapeutik Dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa SMA Tentang Pencegahan Bullying
DOI:
https://doi.org/10.51143/jksi.v10i1.773Abstract
Banyak kasus bullying terjadi namun tidak terlaporkan. Korban bullying merasa takut untuk melaporkan perilaku bullying yang diterima dan pada akhirnya berdampak negatif bagi korban. Bullying banyak terjadi di lingkungan sekolah. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan siswa tentang pencegahan bullying . Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang bullying adalah terapi kelompok terapeutik (TKT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan terapi kelompok terapeutik dalam meningkatkan pengetahuan siswa SMA tentang pencegahan bullying. Penelitian kuantitatif dengan Pra-eksperimental design ini menggunakan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Responden penelitian merupakan siswa SMA Negeri 7 Kota Kupang berjumlah 65 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebelum diberikan TKT, 81.5% reponden memiliki pengetahuan yang baik tentang pencegahan bullying dan meningkat menjadi 95.4% responden setelah diberikan TKT. Hasil uji wilcoxon diperoleh nilai p-value=0,013 (p < 0,05) yang berarti bahwa TKT efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa SMA tentang pencegahan bullying
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fepyani Thresna Feoh, Derry Bernad Nenohaifeto, Maryati A. Barimbing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC BY that allows others to remix, adapt, and build upon the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., submit it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see the discussion about The Effect of Open Access).