HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET TERHADAP EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DI TK HARAPAN BUNDO

Authors

  • Ulfa Mursidah universitas muhammadiyah sumatera barat
  • Yuli Permata Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Yasherly Bachri Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.51143/jksi.v9i2.729

Abstract

Penggunaan gadget pada anak kerap dijadikan solusi oleh orang tua untuk mengalihkan perhatian anak agar tidak rewel, namun dapat memengaruhi perkembangan emosional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan gadget dengan perkembangan emosional pada anak menggunakan pendekatan cross-sectional dengan 35 responden di TK Harapan Bundo yang dipilih secara simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner durasi penggunaan gadget dan Strengths and Difficulties Questionnaire yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar anak memiliki durasi penggunaan gadget kategori sedang (71,43%) dan lama (28,57%), dengan perkembangan emosional mayoritas dalam kategori gangguan. Analisis statistik menunjukkan hubungan signifikan antara durasi penggunaan gadget dengan perkembangan emosional pada skala kesulitan (p=0,000) dan skala kekuatan (p=0,004). Disarankan agar orang tua mengontrol durasi penggunaan gadget anak dengan membatasi penggunaannya di bawah satu jam per hari untuk mendukung perkembangan emosional yang baik.

Downloads

Published

2024-12-21

How to Cite

Ulfa Mursidah, Yuli Permata Sari, & Yasherly Bachri. (2024). HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET TERHADAP EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DI TK HARAPAN BUNDO . JURNAL KEPERAWATAN SUAKA INSAN (JKSI), 9(2), 179–187. https://doi.org/10.51143/jksi.v9i2.729