PENGARUH METODE SCHOOL WATCHING TERHADAP PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN GEMPA BUMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN 2 SOKARAJA KULON

Authors

  • Wulan Ayu Utami University Muhammadiyah Purwokerto
  • M. Hanif Prasetya Adhi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sri Suparti University Muhammadiyah Purwokerto
  • Nurul Fatwati Fitriana University Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.51143/jksi.v9i2.722

Abstract

Bencana gempa bumi dapat menyebabkan dampak besar, terutama di daerah dengan kesiapsiagaan yang rendah. Kesiapsiagaan bencana penting untuk tanggapan cepat dan pemulihan. Anak sekolah dasar berperan dalam mengurangi risiko gempa bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada siswa SDN 2 Sokaraja Kulon menggunakan metode school watching. Penelitian kuantitatif ini mengumpulkan data melalui kuesioner dengan 32 responden yang dipilih secara total sampling. Hasil menunjukkan, sebelum intervensi, 20 responden berada pada kategori pengetahuan rendah, 8 pada kategori pengetahuan cukup, dan 4 pada kategori pengetahuan tinggi. Setelah intervensi, 27 responden berada pada kategori pengetahuan tinggi, 2 pada kategori pengetahuan cukup, dan 3 pada kategori pengetahuan rendah, dengan rata – rata pre – test 55 dan setelah dilakukan edukasi menggunakan metode school watching mendapatkan rata – rata nilai post – test 88

Author Biographies

M. Hanif Prasetya Adhi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Dosen Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis

Sri Suparti, University Muhammadiyah Purwokerto

Dosen Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis

Nurul Fatwati Fitriana, University Muhammadiyah Purwokerto

Dosen Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Wulan Ayu Utami, Adhi, M. H. P., Suparti, S., & Fitriana, N. F. (2024). PENGARUH METODE SCHOOL WATCHING TERHADAP PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN GEMPA BUMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN 2 SOKARAJA KULON. JURNAL KEPERAWATAN SUAKA INSAN (JKSI), 9(2), 171–178. https://doi.org/10.51143/jksi.v9i2.722