TINGKAT DISIPLIN BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN REGULER DI SALAH SATU SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN DI KOTA BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.51143/jksi.v9i1.610Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan beberapa mahasiswa tidak disiplin waktu dalam mengikuti perkuliahan, seperti datang terlambat, tidak mengumpulkan tugas dan tidak disiplin dalam mengikuti peraturan, tidak rapi dalam berpakaian, penurunan prestasi akademik, penurunan Indeks Prestasi Semester dan ada yang tidak lulus mata kuliah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat disiplin belajar mahasiswa Program Pendidikan Sarjana Keperawatan Reguler di salah satu sekolah tinggi ilmu kesehatan di kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Sampel dari penelitian ini ada 146 responden yang dipilih melalui teknik stratified random sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis data menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat disiplin belajar mahasiswa ternyata dalam kategori tinggi (50%), kategori sangat tinggi (41%) dan dalam kategori sedang (9%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut mahasiswa disarankan untuk tetap mempertahankan serta meningkatkan disiplin belajar dan membiasakan belajar secara rutin dan membuat prioritas.
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Mahasiswa, Sarjana Keperawatan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC BY that allows others to remix, adapt, and build upon the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., submit it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see the discussion about The Effect of Open Access).