PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN BOOKLET TAS SIAGA BENCANA TERHADAP PENGETAHUAN PENYINTAS SIKLON SEROJA DI KABUPATEN KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.51143/jksi.v8i1.422Abstract
Pada bulan April tahun 2021 terjadi badai siklon tropis seroja yang melanda 10 kabupaten dan 1 kota di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pada saat terjadi bencana, sejumlah pengungsi berkumpul tanpa membawa makanan, pakaan, air minum dan alat kebersihan diri yang memadai. Oleh karena itu perlu adanya pemberian pendidikan kesehatatan terkait pentingnya Tas Siaga Bencana (TSB) yang dapat menampung kebutuhan pada saat terjadi bencana. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan dengan media booklet terhadap pengetahuan tentang TSB pada masyarakat penyintas siklon tropis seroja di Kabupaten Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pra eksperimen one group pre-post design. Responden yang terlibat berjumlah 200 orang. Hasil penelitian menunjukkan p value 0,000 yang berarti ada pengaruh pemberian pendidikan kesehatan dengan media booklet terhadap pengetahuan tentang TSB pada masyarakat penyintas siklon tropis seroja di Kabupaten Kupang. Pengetahuan tentang TSB penting diketahui oleh masyarakat karena menjadi salah satu rencana kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.
Kata Kunci: Pengetahuan, Tas Siaga Bencana, Booklet
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC BY that allows others to remix, adapt, and build upon the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., submit it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see the discussion about The Effect of Open Access).