PERBEDAAN SELF DIRECTED LEARNING MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN LECTURE DAN PROBLEM BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.51143/jksi.v1i2.38Keywords:
Self Directed Learning, Lecture, Problem Based Learning, Mahasiswa KeperawatanAbstract
Self Directed Learning (SDL) adalah proses belajar yang dilakukan atas inisiatif mahasiswa sendiri. Kurangnya kemampuan Self Directed Learning (SDL) akan menghambat kemampuan mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan yang berguna untuk mendukung pembelajaran dan praktik keperawatan. Akan tetapi mahasiswa memiliki Self Directed Learning yang berbeda yang disebabkan oleh salah satu faktor yaitu metode pembelajaran seperti lecture dan PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan Self Directed Learning mahasiswa dengan menggunakan metode pembelajaran lecture dan Problem Based Learning (PBL) dengan Jenis penelitian kuantitatif dan rancangan deskriptif komparasi menggunakan SDLI (Self Directed Learning Instrument). Populasi seluruh mahasiswa semester IV sebanyak 66 siswa dan Sampel menjadi dua kelompok yaitu kelompok 1 menggunakan lecture sebanyak 33 siswa dan kelompok 2 menggunakan PBL sebanyak 33 siswa dengan menggunakan teknik systematic random sampling. Hasil penelitian diperoleh Self Directed Learning menggunakan lecture memperoleh rata-rata 65,57 dan Self Directed Learning menggunakan PBL memperoleh rata-rata 65,45. Analisis uji t tidak berpasangan memperoleh Nilai t 0,055 dan nilai signifikansi 0,956 > 0,05 sehingga secara statistik dapat disimpulkan, tidak adanya perbedaan Self Directed Learning mahasiswa dengan menggunakan metode pembelajaran lecture dan Problem Based Learning (PBL). maka diharapkan bagi pengajar mampu meningkatkan self directed learning mahasiswa dan mampu mengembangakan gaya penuturan dalam memberikan materi selama proses pembelajaran, agar dapat menjadi role model bagi mahasiswa dan meningkatkan ketertarikan mahasiswa dalam mengikuti proses pemebelajaran baik di kelas maupun di lingkungan kampus saat PBL. Serta bagi mahasiswa mampu meningkatkan planning dan implementasi baik sebelum maupun setelah mengikuti pembelajaran agar dapat memiliki rancangan pembelajaran yang terkonsep
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC BY that allows others to remix, adapt, and build upon the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., submit it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see the discussion about The Effect of Open Access).