PERBEDAAN SELF DIRECTED LEARNING MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN LECTURE DAN PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Devysia Martharina Agustin
  • Warjiman Warjiman
  • Bagus Rahmat Santoso

DOI:

https://doi.org/10.51143/jksi.v1i2.38

Keywords:

Self Directed Learning, Lecture, Problem Based Learning, Mahasiswa Keperawatan

Abstract

Self Directed Learning (SDL) adalah proses belajar yang dilakukan atas inisiatif mahasiswa sendiri. Kurangnya kemampuan Self Directed Learning (SDL) akan menghambat kemampuan mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan yang berguna untuk mendukung pembelajaran dan praktik keperawatan. Akan tetapi mahasiswa memiliki Self Directed Learning yang berbeda yang disebabkan oleh salah satu faktor yaitu metode pembelajaran seperti lecture dan PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan Self Directed Learning mahasiswa dengan menggunakan metode pembelajaran lecture dan Problem Based Learning (PBL) dengan  Jenis penelitian kuantitatif dan rancangan deskriptif komparasi menggunakan SDLI (Self Directed Learning Instrument). Populasi seluruh mahasiswa semester IV sebanyak 66 siswa dan Sampel menjadi dua kelompok yaitu kelompok 1 menggunakan lecture sebanyak 33 siswa dan kelompok 2 menggunakan PBL sebanyak 33 siswa dengan menggunakan teknik systematic random sampling. Hasil penelitian diperoleh Self Directed Learning menggunakan lecture memperoleh rata-rata 65,57 dan Self Directed Learning menggunakan PBL memperoleh rata-rata 65,45. Analisis uji t  tidak berpasangan  memperoleh Nilai t 0,055 dan nilai signifikansi 0,956 > 0,05 sehingga secara statistik dapat disimpulkan, tidak adanya perbedaan Self Directed Learning mahasiswa dengan menggunakan metode pembelajaran lecture dan Problem Based Learning (PBL). maka diharapkan bagi pengajar mampu meningkatkan self directed learning mahasiswa dan mampu mengembangakan gaya penuturan dalam memberikan materi selama proses pembelajaran, agar dapat menjadi role model bagi mahasiswa dan meningkatkan ketertarikan mahasiswa dalam mengikuti proses pemebelajaran baik di kelas maupun di lingkungan kampus saat PBL. Serta bagi mahasiswa mampu meningkatkan planning dan implementasi baik sebelum maupun setelah mengikuti pembelajaran agar dapat memiliki rancangan pembelajaran yang terkonsep

Downloads

Published

2016-06-25

How to Cite

Agustin, D. M., Warjiman, W., & Santoso, B. R. (2016). PERBEDAAN SELF DIRECTED LEARNING MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN LECTURE DAN PROBLEM BASED LEARNING. JURNAL KEPERAWATAN SUAKA INSAN (JKSI), 1(2), 1–8. https://doi.org/10.51143/jksi.v1i2.38

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.