PENTINGNYA KUALITAS KOMUNIKASI PERAWAT DAN DOKTER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT

Authors

  • Dewi Setya Paramitha Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Rita Kirana Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
  • Andrey Rizky Akbar Muhaimin MPR Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.51143/jksi.v7i2.357

Abstract

Praktik kolaborasi pelayanan kesehatan yang paling banyak terjadi di rumah sakit adalah antara perawat dan dokter. Hambatan yang membuat kolaborasi belum maksimal dikarenakan perawat kurangnya komunikasi antara kedua tim kesehatan tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kualitas komunikasi perawat dan dokter dengan kepuasan pasien di rumah sakit. Metode penelitian menggunakan desain analitik kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel penelitian yaitu 77 pasien ruang rawat inap. Teknik sampling menggunakan Accidental Sampling. Analisis data menggunakan uji statistik Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukan kualitas komunikasi perawat dan dokter kategori sangat baik 98,7%, kepuasan pasien kategori sangat puas 94,8% dan terdapat hubungan antara kualitas komunikasi perawat dan dokter dengan kepuasan pasien, nilai (p=0,000< ? 0,05) dengan koefesien korelasi 0,490 hubungan sedang. Hasil penelitian menunjukan paktik kolaborasi antara perawat dan dokter harus dipertahankan dan pendidikan interprofessional collaboration adalah strategi efektif untuk membangun kolaborasi sejak pendidikan kesehatan antara perawat dan dokter.

Kata Kunci: dokter, komunikasi, perawat, kepuasan pasien

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Paramitha, D. S., Kirana, R., & Akbar Muhaimin MPR, A. R. (2022). PENTINGNYA KUALITAS KOMUNIKASI PERAWAT DAN DOKTER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT. JURNAL KEPERAWATAN SUAKA INSAN (JKSI), 7(2), 188–194. https://doi.org/10.51143/jksi.v7i2.357