EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA LEAFLET TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG NARKOBA DI SMPN 5 BANJARBARU
DOI:
https://doi.org/10.51143/jksi.v4i2.180Abstract
Narkoba seringkali kita dengar dalam kehidupan era digital sekarang tak terkecuali di dunia pendidikan. Kelompok usia remaja cenderung memiliki sifat penasaran yang tinggi sehingga banyak remaja yang ingin coba-coba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Narkoba di SMP Negeri 5 Banjarbaru Tahun 2019. Desain Penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksprerimental dengan instrument kuesioner. Populasi seluruh siswa SMPN 5 Banjarbaru sebanyak 305 siswa menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel 76 responden, data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Diperoleh hasil pengetahuan pretest dan posttest pada responden terdapat peningkatan pengetahuan setelah diberikan media leaflet dengan p-value sig-0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh media leaflet terhadap pengetahuan remaja tentang narkoba di SMPN 5 Banjarbaru. Mengoptimalkan pengetahuan responden tentang bahaya narkoba agar dimasa akan datang responden bisa mengantisipasi diri dan mencegah agar terhidar dari narkoba yang sangat berbahaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC BY that allows others to remix, adapt, and build upon the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., submit it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see the discussion about The Effect of Open Access).