PENGARUH TERAPI MEWARNAI GAMBAR DENGAN PASIR WARNA TERHADAP KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH 3-5 TAHUN

Authors

  • Arisska Debora
  • Dania Relina Sitompul

DOI:

https://doi.org/10.51143/jksi.v3i2.106

Keywords:

Hospitalisasi, Kecemasan, Terapi bermain

Abstract

Latar Belakang: Kecemasan pada anak prasekolah dapat disebabkan karena perpisahan, perasaan kehilangan, cedera tubuh dan nyeri. Dampak kecemasan ini berisiko mengganggu tumbuh kembang anak dan proses penyembuhan. Upaya untuk mengurangi kecemasan anak dapat dilakukan dengan memberi terapi bermain mewarnai gambar dengan pasir warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi mewarnai gambar dengan pasir warna terhadap kecemasan anak usia prasekolah 3-5 tahun di Tulip II A RSUD Ulin Banjarmasin.

Metode: Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest and posttest design. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Sample yang berhasil dikumpulkan adalah sebanyak 30 responden. Uji statistik paired sample t-Test dengan tingkat kemaknaan 95% (? = 0,05).

Hasil: Tingkat kecemasan sebelum diberikan terapi yang paling tinggi yaitu kecemasan sedang dengan presentase 53,3% dan setelah diberikan terapi tingkat kecemasan berada pada tingkat kecemasan ringan dengan presentase 76,6%. Hasil p value = 0,000 (< 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terapi mewarnai gambar dengan pasir warna terhadap tingkat kecemasan anak prasekolah 3-5 tahun di ruang Tulip II A RSUD Ulin Banjarmasin.

Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh terapi mewarnai gambar dengan pasir warna terhadap tingkat kecemasan anak prasekolah 3-5 tahun.

Downloads

Published

2018-12-15

How to Cite

Debora, A., & Sitompul, D. R. (2018). PENGARUH TERAPI MEWARNAI GAMBAR DENGAN PASIR WARNA TERHADAP KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH 3-5 TAHUN. JURNAL KEPERAWATAN SUAKA INSAN (JKSI), 3(2), 1–7. https://doi.org/10.51143/jksi.v3i2.106

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.