PENGALAMAN EMOSIONAL MENJADI CAREGIVER ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PANTI ASUHAN BHAKTI LUHUR BANJARMASIN

  • Sapariah Anggraini STIKES Suaka Insan Banjarmasin
  • Lanawati Lanawati STIKES Suaka Insan Banjarmasin
  • Annastasia Hoar Berek STIKES Suaka Insan Banjarmasin

Abstract

Latar Belakang : Menjadi caregiver bagi anak berkebutuhan khusus bukanlah peran yang mudah. Tugas dan tanggung jawab Caregiver dapat menjadi beban yang berpotensi menimbulkan banyak masalah emosional dan mempengaruhi kesejahteraan psikologis caregiver. Kondisi mental emosional caregiver yang buruk dapat mempengaruhi pelayanan dan asuhan yang diberikannya kepada ABK. Sehingga, pengalaman caregiver dalam memaknai pengalaman hidupnya menjadi pengasuh profesional bagi anak-anak  ABK menjadi penting untuk dieksplorasi.

Tujuan Penelitian : Mengeksplorasi makna pengalaman caregiver Panti Asuhan Bhakti Luhur Banjarmasin dalam merawat ABK.

Metode : Penelitian ini mengunakan metode Kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi interpretatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik indept interview dengan bantuan daftar pertanyaan yang sudah disusun peneliti. Analisis data dilakukan menggunakan teknik 7-steps of IPA. Partisipan berjumlah 5 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling.

Hasil : Penelitian ini menghasilkan 4 tema utama yaitu; (1) Realitas pekerjaan tidak sesuai teori, (2) Kondisi pencetus emosional, (3) Tujuan kerja tidak tercapai (4) Beban psikologis emosional caregiver 

Kesimpulan : Pengalaman caregiver yang terlibat dalam penelitian ini  memaknai pengalamannya bahwa menjadi caregiver bagi ABK bukan suatu pekerjaan yang mudah. Tugas utama dan tambahan yang diberikan sering membuat caregiver merasa kelelahan, kejenuhan dan marah. Tugas dan beban yang tinggi inilah yang sering membawa stres dari tanggung jawabnya sebagai caregiver.

Kata Kunci : ABK, Caregiver, Pengalaman Emosional

CROSSMARK
Published
2022-08-30
DIMENSIONS
How to Cite
Anggraini, S., Lanawati, L., & Berek, A. (2022). PENGALAMAN EMOSIONAL MENJADI CAREGIVER ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PANTI ASUHAN BHAKTI LUHUR BANJARMASIN. JURNAL KEPERAWATAN SUAKA INSAN (JKSI), 7(2), 169-177. https://doi.org/10.51143/jksi.v7i2.358