HUBUNGAN KADAR KOLESTEROL DENGAN DERAJAT HIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS SUNGAI JINGAH

  • Solikin Solikin
  • Muradi Muradi

Abstract

Latar belakang : Kolesterol merupakan masalah kompleks dalam tubuh manusia. Penyempitan serta kakunya dinding pembuluh darah akibat dari penumpukan kolesterol pada pembuluh dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Kadar Kolesterol Dengan Derajat Hipertensi Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Sungai Jingah Tahun 2019.

Metode : Jenis penelitian menggunakan pendekatan/rancangan dengan model pendekatan/rancangan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 41 responden. Tekanan darah diukur dengan sphygmomanometer pegas, sedangkan kadar kolesterol diukur dari hasil pemeriksaan laboratorium dengan pengambilan sampel menggunakan metode kolorimetrik enzimatik CHOD-PAP. Uji statistik  yang digunakan adalah uji spearman rank.

Hasil : Hasil yang diperoleh pada analisis spearman’s rho menunjukkan bahwa dari 41 responden diperoleh nilai signifikan sebesar 0,004 yang lebih kecil dari 0,1 sebagai taraf yang telah ditentukan sehingga dapat dinyatakan hipotesis diterima yang secara uji statistik terdapat hubungan yang bermakna antara kadar kolesterol darah dengan derajat hipertensi.

Kesimpulan : Dalam mengendalikan kadar kolesterol maka penting bagi pasien untuk menjaga kesehatan dengan cara menjaga gaya hidup sehat dan selalu mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah sehingga terhindar dari komplikasi penyakit akibat tinggi kolesterol dan hipertensi.

Kata Kunci : Derajat Hipertensi, Kadar Kolesterol.

CROSSMARK
Published
2020-06-15
DIMENSIONS
How to Cite
Solikin, S., & Muradi, M. (2020). HUBUNGAN KADAR KOLESTEROL DENGAN DERAJAT HIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS SUNGAI JINGAH. JURNAL KEPERAWATAN SUAKA INSAN (JKSI), 5(1), 143-152. https://doi.org/10.51143/jksi.v5i1.230