PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN KEHAMILAN PADA KELAS IBU HAMIL

  • Rusdiana Rusdiana
  • Insana Maria

Abstract

Latar Belakang: Salah satu indikator keberhasilan pembangunan kesehatan di Indonesia adalah menurunnya angka kematian ibu, salah satu caranya dengan metode Peer Education atau kelompok teman sebaya. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh Peer Education terhadap pengetahuan perawatan kehamilan pada kelas ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Astambul

Metode : Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, Penelitian dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Astambul, teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, dengan populasi ibu hamil sebanyak 657 orang, sampel ibu hamil sebanyak 15 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kusioner dengan jumlah 15 soal. Teknik analisis data menggunakan uji Uji Statistik: Uji Paired T Test.

Hasil : Hasil Penelitian sebelum dilakukan penyuluhan perawatan kesehatan responden dengan tingkat pengetahuan baik berjumlah 67%, setelah dilakukan penyuluhan meningkat menjadi 93,3% responden dengan tingkat pengetahuan baik yang menandakan adanya pengaruh Peer Education terhadap tingkat pengetahuan.

Kesimpulan: Adanya pengaruh peer education terhadap pengetahuan perawataan kehamilan pada kelas ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Astambul, maka penting memberikan informasi tentang perawatan ibu hamil terutama oleh tenaga kesehatan.

 

Kata kunci : Peer Education, Kelas Ibu Hamil

Published
2020-06-12
How to Cite
Rusdiana, R., & Maria, I. (2020). PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN KEHAMILAN PADA KELAS IBU HAMIL. JURNAL KEPERAWATAN SUAKA INSAN (JKSI), 5(1), 116-120. Retrieved from http://journal.stikessuakainsan.ac.id/index.php/jksi/article/view/227