CERDAS HINDARI INFLUENZA DENGAN MENERAPKAN CUCI TANGAN DAN MENGGUNAKAN MASKER PADA REMAJA DI SMPN 16 BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.51143/jsim.v6i1.603Abstract
Influenza merupakan penyakit yang paling sering menyerang manusia. Rata-rata banyak yang mengenai penyakit ini di usia remaja atau usia produktif, yang akan memperbanyak merugikan dari segi Kesehatan dan abnormal kehidupan sehari – hari pada remaja. Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap remaja tentang influenza dan cara menghindari influenza. Metode dalam menjalankan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dengan menggunakan pemaparan materi power point, diskusi dan praktek langsung cara menghindari influenza dengan praktek mencuci tangan 6 langkah dan cara penggunaan masker yang benar. Berdasarkan hasil yang dimana didapatkan penkes ini dapat meningkatkan pengetahuan siswa/i tentang Influenza, dengan nilai rata-rata pre-test adalah 83, dimana nilai terendah adalah 50 dan nilai tertinggi adalah 90. Sedangkan untuk post-test, didapat nilai terendah adalah 60 dan nilai tertinggi adalah 100. Persentase kenaikan Tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikannnya penyuluhan adalah sebesar 7%. Adapun harapan untuk para mahasiswa/i SMPN 16 Banjarmasin setelah mengikuti kegiatan ini adalah dapat menerapkan cara yang telah di praktekkan untuk menghindari influenza pada usia remaja.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Suaka Insan Mengabdi (JSIM) agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant Jurnal Suaka Insan Mengabdi (JSIM) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC BY that allows others to remix, adapt, and build upon the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., submit it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see the discussion about The Effect of Open Access).