PROGRAM PELANGI (PENGONTROL DIET PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI) DI SEI LULUT BANJARMASIN

  • Muhammad Basit Universitas Sari Mulia (UNISM) Banjarmasin
  • Muhammad Fikriyadi
  • Devi Agustin
  • Nor Diana
  • Anjarwati Anjarwati
  • Reza Januar Permana
  • Devi Kharismawati
  • Muhammad Afriyaldi

Abstract

Basit, Mohammad 1*, Fikriyadi, Muhammad 2, Agustin,Devi2, Diana,Nor2, Anjarwati2, Permana, Reza Januar2, Kharismawati, Devi 2,

Afriyaldi, Muhammad 2

1Staff Pendidikan Universitas Sari Mulia Banjarmasin (UNISM)

2Mahasiswa Keperawatan Universitas Sari Mulia Banjarmasin (UNISM)

                                                  *Email :syafabasit@gmail.com             

 

ABSTRAK

Penyakit hipertensi perlu ditangani dengan lebih serius. Karena komplikasi yang akan ditimbulkan. Angka kejadian hipertensi di Indonesia mencapai 34,1% dan Kalimantan selatan sebagai salah satu provinsi yang paling tinggi angka prevalensinya yaitu mencapai 44,1%. Sei Lulut 83,3% penduduk menderita hipertensi primer, 70% adalah lansia perempuan. Pengkajian kepada 30 orang lansia didapatkan 1) 100% lansia memiliki tingkat pengetahuan yang rendah tentang hipertensi; 2) 100% lansia memiliki perilaku yang masih keliru dalam mengontrol dan mencegah hipertensi. Sehingga solusi yang ditawarkan adalah memanajemen perilaku lansia selama 2 minggu.

Metode pemecahan masalah dilaksanakan dengan 1) Peningkatan pengetahuan melalui penyuluhan dengan metode ceramah 2) Melakukan monitoring perilaku terkait diet dan aktifitas harian dengan log book serta pengukuran tekanan darah.

Hasil kegiatan yaitu 1)  Peningkatan pengetahuan pada lansia (63%); 2) lansia (63%) patuh terhadap jalannya program.

Kesimpulan perubahan perilaku lansia terhadap pola hidup sehat dalam mengontrol tekanan darah dipengaruhi oleh pengetahuan dan juga dukungan dari keluarga serta tim kesehatan yang bergerak dimasyarakat.

 

Kata Kunci : Diet, Hipertensi, Pengetahuan Lansia, Perilaku Lansia

Published
2019-05-31
How to Cite
Basit, M., Fikriyadi, M., Agustin, D., Diana, N., Anjarwati, A., Permana, R. J., Kharismawati, D., & Afriyaldi, M. (2019). PROGRAM PELANGI (PENGONTROL DIET PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI) DI SEI LULUT BANJARMASIN. JURNAL SUAKA INSAN MENGABDI (JSIM), 1(1), 33-41. https://doi.org/10.51143/jsim.v1i1.140

Most read articles by the same author(s)