PENGARUH TRUNK STABILITY EXERCISE TERHADAP KEKUATAN OTOT PUNGGUNG DAN OTOT TUNGKAI PADA LANJUT USIA DI PSTW BUDI MULIA I DAN II JAKARTA TIMUR

  • Theresia Jamini
  • Lousiana Lousiana
Keywords: Trunk Stability Exercise, kekuatan otot, lanjut usia

Abstract

Latar Belakang: Berkurangnya kemampuan mempertahankan stabilitas tubuh pada lansia dipengaruhi oleh penurunan kekuatan otot dan keseimbangan tubuh yang dapat meningkatkan resiko jatuh. Tindakan mandiri seorang perawat medikal bedah pada pelayanan komunitas lanjut usia adalah memberikan edukasi dan keterampilan dalam upaya  menurunkan  resiko jatuh  yang dapat menimbulkan masalah berkepanjangan. Bentuk latihan yang  dapat diberikan pada lanjut usia untuk mencegah penurunan fungsi otot  adalah dengan melakukan trunk stability exercise.

Tujuan: Menganalisa  pengaruh Trunk Stability Exercise terhadap kekuatan otot  pada lansia di PSTW Budi Mulia I dan II Jakarta Timur.

Metode: Desain penelitian quasi experimental  pre dan post design  dengan kelompok kontrol Sampel sebanyak 110 responden (82 intervensi dan 28 kontrol) diambil secara purposive sampling.

Hasil: Berdasarkan analisis univariate mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (58,2%), IMT kategori kurus (48,2%) dan olahraga kategori sering (66,4%). Berdasarkan hasil  t-independent test bahwa ada pengaruh Trunk Stability Exercise terhadap kekuatan otot tungkai dengan nilai pvalue: 0,004 (< 0,05) terhadap kekuatan otot punggung dengan pvalue : 0,040 (< 0,05). Berdasarkan uji beda Mann Whitney ada perbedaan signifikan peningkatan otot punggung dan tungkai kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai kekuatan otot punggung pvalue 0,001 (< 0,05) dan kekuatan otot tungkai pvalue 0,025   (< 0,05) dan terhadap keseimbangan tubuh dengan pvalue 0,000 (< 0,05). Berdasarkan pired two test menunjukkan ada perbedaan signifikan kekuatan otot punggung dan tungkai sebelum dan sesudah intervensi dengan pvalue 0,000 (< 0,05).

Kesimpulan: Terdapat peningkatan kekuatan otot punggung dan otot tungkai  pada lanjut usia di PSTW Budi Mulia I dan II Jakarta Timur setelah dilakukan Trunk Stability Exercise. Saran agar lansia diberikan Trunk Stability Exercise untuk meningkatkan kekuatan otot secara terjadwal.

Published
2018-06-04
How to Cite
Jamini, T., & Lousiana, L. (2018, June 4). PENGARUH TRUNK STABILITY EXERCISE TERHADAP KEKUATAN OTOT PUNGGUNG DAN OTOT TUNGKAI PADA LANJUT USIA DI PSTW BUDI MULIA I DAN II JAKARTA TIMUR. Jurnal Keperawatan Suaka Insan, 3(1), 1-9. Retrieved from http://journal.stikessuakainsan.ac.id/index.php/jksi/article/view/86