PENGETAHUAN DAN PERSEPSI PERAWAT TENTANG TRIAGE DI UNIT GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH

  • Reditya Natarianto
  • Dwi Martha Agustina
  • Septi Machelia C Nursery
Keywords: pengetahuan, persepsi, triage

Abstract

Latar Belakang: UGD merupakan layanan yang disediakan untuk melayani pasien gawat darurat dengan penanganan yang cepat dan sesuai standart. Standart utama yang perlu dipahami oleh perawat dalam pemberi pelayanan di UGD yaitu terkait Triage. Sehingga keterampilan perawat dalam menerapkan konsep Triage sangatlah diperlukan. keterampilan seorang perawat dalam menerapkan triage dipengaruhi oleh pengetahuan dan juga persepsi.

Metode : Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian Kuantitatif sengan rancangan penelitian Deskriptif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 perawat yang bekerja di IGD yang dipilih dengan teknik pusposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi dari peneliti. 30 responden ini akan diberikan kuisioner pengetahuan triage dan kusioner terkait persepsi tentang triage yang hasilnya akan dianalisa dengan Distribusi Frekuensi.

Hasil : sebanyak 25 (83%) responden memiliki gambaran tingkat pengetahuan yang baik tentang triage dan 30 responden (100%) memiliki Persepsi yang positif terkait triage.

Kesimpulan: Gambaran pengetahuan perawat IGD RSUD Ulin Banjarmasin tentang triage termasuk dalam kategori baik dengan persepsi akan triage yang positif

CROSSMARK
Published
2018-12-15
DIMENSIONS
How to Cite
Natarianto, R., Agustina, D. M., & Nursery, S. M. C. (2018). PENGETAHUAN DAN PERSEPSI PERAWAT TENTANG TRIAGE DI UNIT GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH. JURNAL KEPERAWATAN SUAKA INSAN (JKSI), 3(2), 1-7. https://doi.org/10.51143/jksi.v3i2.113

Most read articles by the same author(s)